Anda belum login :: 06 Jun 2025 17:17 WIB
Detail
BukuPerlindungan Konsumen Bagi Penyandang Cacat Yang Menggunakan Jasa Transportasi Udara Studi Pada Putusan No: 231/Pdt.G/2011/PN.Jkt.Pst
Bibliografi
Author: PRAMUDITA, ARINA ; Yudhistira, Dedy (Advisor)
Topik: Perlindungan Konsumen; Penyandang Cacat; Jasa; Hukum Ekonomi dan Bisnis
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2014    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2009-050-216.pdf (545.12KB; 22 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FH-3828
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen sudah diatur jelas mengenai perlindungan terhadap konsumen, khususnya didalam penulisan ini mengenai penyandang cacat. Namun setelah melihat kepada kasus Ridwan Sumantri yang hak-hak nya tidak dipenuhi oleh pihak perusahaan penerbangan, maka ditarik kesimpulan bahwa Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen tersebut belum dapat dijalankan dengan benar oleh pelaku usaha dan tidak diawasi secara benar oleh pemerintah. Didalam Undang-Undang tersebut dijelaskan bahwa setiap konsumen yang dirugikan oleh pelaku usaha karena hak-haknya diabaikan, dapat melakukan beberapa cara untuk menyelesaikan kasusnya, yakni seperti upaya damai dan yang kedua adalah upaya hukum melalui lembaga yang bertugas menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha ataupun di lingkungan peradilan umum ditempat kedudukan konsumen. Tentu saja bahwa Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 dibantu dengan Undang-Undang lain yang mendukung untuk melindungi konsumen yang khususnya penyandang cacat tersebut. Kemudian dengan adanya tanggung jawab yang besar dari pengangkutan udara juga akan meningkatkan kepercayaan dari masyarakat untuk menggunakan pengangkutan udara tersebut sebagai sarana transportasi udara, sehingga perlu bagi PT. Lion Air mempertahankan atau lebih meningkatkan kualitas dan tanggung jawabnya kepada penumpang. Serta perlu ditumbuhkan kesadaran para pihak yang berkaitan dengan pengangkutan udara akan hak dan kewajiban masing-masing, sehingga akan tercipta pengangkutan udara yang lancar, aman serta memuaskan semua pihak.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)