Seiring dengan meningkatnya wisatawan asing yang datang ke Indonesia setiap tahunnya, mengakibatkan persaingan pada sektor pariwisata Indonesia semakin berat. Hal tersebut ditunjukkan dengan banyaknya hotel baru yang bermunculan. Untuk dapat memenangkan persaingan, salah satu hal yang harus dilakukan oleh hotel adalah dengan menjaga kinerja fungsi operasionalnya, khususnya pada housekeeping department. Hotel dapat menggunakan audit manajemen dalam menilai efektivitas maupun efisiensi di dalam fungsi operasionalnya. Skripsi yang berjudul "Audit Manajemen atas Fungsi Operasional Housekeeping pada Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang" ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan pengendalian internal yang memadai serta efektifitas dan efisiensi dalam pelaksanaan fungsi operasional housekeeping Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi, dan pemeriksaan dokumen-dokumen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa fungsi operasional housekeeping Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang telah menerapkan pengendalian internal yang cukup memadai. Selain itu, fungsi operasional housekeeping telah dilaksanakan dengan efisien dan cukup efektif. Terdapat beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki, antara lain tidak adanya pengawasan saat staf housekeeping mengisi dan mengambil troli, tidak adanya tanda serah terima atas penyerahan linen yang bersih maupun kotor dengan staf laundry, serta tidak adanya penghitungan atas sisa persediaan maupun linen pada saat shift berakhir. Penulis memberikan saran perbaikan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan fungsi operasional hotel. |