Produk air minum dalam kemasan saat ini sangatlah beragam, oleh karena itu konsumen memiliki banyak pilihan varian produk. Perbedaan masing-masing air minum dalam kemasan tidak terlalu terlihat bagi konsumen, yang dapat menyebabkan konsumen mudah berpindah ke varian yang lain. Penelitian ini meneliti faktor-faktor apa saja yang dapat digambarkan dari brand personality AQUA dengan menggunakan metode analisis faktor. Sampel dalam penelitian ini yaitu 245 orang mahasiswa/i yang pernah mengkonsumsi air minum merek AQUA dan sedang mengambil mata kuliah Statistika Ekonomi II di Fakultas Ekonomi program studi Manajemen dan Akuntansi pada semester ganjil 2013/2014 di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan metode Clustered Random Sampling. Dari hasil analisis faktor, di hasilkan tujuh faktor baru yaitu: dapat dipercaya, sukses, suka beraktivitas di luar rumah, berkelas atas, muda, terbaru (up to date) dan, imajinatif. |