PT Bhinneka Mentari Dimensi dengan situs penjualan onlinenya yang bernama www.bhinneka.com merupakan salah satu situs penjualan online terbesar di Indonesia. Namun, perusahaan ini mengalami kerugian pada tahun 2012. Hal ini disebabkan karena banyaknya pesaing - pesaing baru yang menjual barang dagangannya melalui situs online. Barang dagangan yang dijual oleh pesaing lebih beragam sedangkan perusahaan selama ini hanya berfokus pada penjualan barang yang berhubungan dengan teknologi. Salah satu upaya yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan membuka lini produk yang baru, yaitu mom & baby. Untuk mengetahui apakah pembukaan lini produk tersebut dapat meningkatkan laba perusahaan atau tidak diperlukan analisis biaya relevan terkait dengan pengambilan keputusan tersebut. Ada beberapa biaya yang relevan meningkat karena pembukaan lini produk baru tersebut seperti biaya gaji karyawan, biaya utilitas, biaya transportasi. Ada juga biaya yang tidak relevan seperti biaya sewa, biaya asuransi, dan lain - lain. Berdasarkan hasil analisis biaya relevan untuk membuka atau tidak lini produk mom & baby yang telah dilakukan, perusahaan mengalami peningkatan penjualan sebesar Rp 2.915.140.612 menjadi Rp 245.843.524.935 dan biaya relevan keseluruhan yang terjadi sebesar Rp 2.357.830.428 sehingga perusahaan mendapatkan incremental profit sebesar Rp 557.310.184 dari kerugian sebesar (Rp 492.629.839) menjadi laba sebesar Rp 64.680.345. |