Media pembelajaran adalah alat bantu dalam penyampaian informasi pada proses pembelajaran dan dapat mendorong motivasi belajar sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran. Siswa akan lebih aktif jika guru menggunakan media sebagai pendukung dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media video. Hasil belajar adalah jika seseorang telah belajar dan terdapat perubahan tingkah laku, seperti dari yang tidak mengerti menjadi mengerti, yang tidak tahu menjadi tahu. Dan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu yang berisi mengenai kehidupan manusia dengan lingkungan fisik maupun lingkungan sosialnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melaui penggunaan media video pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Strada Bhakti Nusa. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian terdiri dari 32 siswa kelas V C SD Strada Bhakti Nusa, peneliti, dan observer. Penelitian tindakan kelas ini direncanakan dalam dua siklus. Pada penelitian tindakan kelas siklus pertama dilaksanakan pada hari Selasa, 22 Oktober 2013 dengan materi Keragaman Suku Bangsa di Indonesia yang dijelaskan dalam media video. Dan pelaksanaan siklus kedua pada hari Senin, 4 November 2013 dengan materi Keragaman Budaya di Indonesia yang dijelaskan pula dalam media video. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Data tes dianalisis dengan cara menghitung rata-rata nilai pre tes dan post tes. Data hasil observasi dianalisis dengan cara deskriptif. Jika dilihat dari hasil penelitian, maka penelitian ini menunjukkan bahwa media video dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V C SD Strada Bhakti Nusa Serpong. Dimana terdapat peningkatan nilai rata-rata siklus I dan siklus II. Rata-rata pre test siklus I sebesar 48,38 kemudian pada saat post test meningkat menjadi 61,21. Dan pada siklus II rata-rata pre test sebesar 56,46 dan mengalami peningkatan pada post test sebesar 75,17. Jadi peningkatan nilai rata-rata dari post test siklus I 61,21 ke post test siklus II 75,17 adalah sebesar 13,96. Setelah membandingkan nilai hasil post test I dan post test II disimpulkan bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V C SD Strada Bhakti Nusa Serpong. Oleh karena itu tujuan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar telah tercapai. Untuk itu disarankan agar guru dapat menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam penyampaian informasi kepada siswa. Sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. |