Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teori Bruner untuk meningkatkan pemahaman konsep volume kubus dan balok pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas V SD Strada Penjompongan Jakarta Pusat yang berjumlah 29 anak dan peneliti sebagai guru. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan cara mendeskripsikan hasil observasi, menghitung peningkatan yang terjadi pada setiap indikator dalam pembelajaran, mencari nilai rata-rata dari hasil pretest dan posttest pada siklus 1 dan siklus 2 dan membandingkan dengan KKM, serta mengumpulkan dan memilih dokumetasi yang relevan kemudian dilaporkan sebagai bukti proses pembelajaran selama penelitian. Penelitian ini menerapkan tiga tahap dalam teori Bruner yaitu tahap enaktif, tahap ikonik, dan tahap simbolik. Tahap enaktif adalah proses pembelajaran melalui benda-benda konkret atau dalam situasi nyata; tahap ikonik adalah pembelajaran melalui media visual berupa gambar, grafik, diagram; dan tahap simbolik adalah pembelajaran melalui simbol-simbol abstrak misalnya rumus-rumus dalam mata pelajaran Matematika. Diharapkan dengan melalui tahapan teori Bruner ini meningkatkan pemahaman konsep volume kubus dan balok. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian: 1. Teori Bruner dengan melalui tiga tahap dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep volume kubus dan balok. 2.Terjadi peningkatan pada pemahaman konsep yang diukur dengan presentase indikator tahap ikonik dan simbolik pada pretest dan posttest siklus 1 dan siklus 2. 3. Rata-rata hasil pretest dan posttest siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan, siklus 1 sebesar 27,21dan siklus 2 sebesar 23,79. Begitu pula rata-rata posttest siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 12,38. 4. Terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa pada pretest dan posttest siklus 1 dan siklus 2. Peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 55,18% dan siklus 2 sebesar 17,24%. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan teori Bruner dapat meningkatkan pemahaman konsep volume kubus dan balok pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V di SD Strada Pejompongan Jakarta Pusat. |