Anda belum login :: 06 Jun 2025 14:11 WIB
Detail
BukuUpaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dengan Menggunakan Media Video Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SD Marsudirini Bekasi
Bibliografi
Author: SUSWANTO, YESSICA ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: Kemampuan Berbicara; Media Video; Pembelajaran Bahasa Indonesia; Siswa Kelas III SD
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2014    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2010-035-028 Yessica S's Undergraduate Theses.pdf (14.88MB; 21 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-251
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Kemampuan berbicara merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang penting diajarkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa usia Sekolah Dasar. Dengan melatih kemampuan berbicara diharapkan siswa mampu berkomunikasi dengan baik dengan orang lain. Kemampuan berbicara adalah kemampuan untuk menyampaikan informasi secara lisan yang menuntut keberanian serta kemahiran dalam aspek kebahasaan dan nonkebahasaan. Penilaian dalam penelitian ini dilakukan secara individual dengan memperhatikan 4 aspek, yaitu aspek fisik, ekspresi, verbal dan nonkebahasaan. Peneliti menggunakan media video dalam penelitian ini agar siswa merasa tertarik dan memiliki keberanian dalam melatih kemampuan berbicara mereka. Pemilihan media video dalam meningkatkan kemampuan berbicara dikarenakan media video memberikan pengalaman tidak terduga kepada siswa dan dapat dikombinasikan dengan animasi dan pengaturan kecepatan dari waktu ke waktu (Daryanto, 2013: 88). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media video pada siswa kelas III SD Marsudirini Bekasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang diharapkan dapat membantu peneliti dalam menjalankan penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti memiliki 3 tahap kegiatan, yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada prasiklus peneliti merancang kegiatan pembelajaran berbicara belum menggunakan media video untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa, siklus I peneliti menggunakan media video agar dengan media video, para siswa dapat menyerap cerita lebih baik lagi, lalu pada tahap terakhir yaitu siklus II, peneliti tetap menggunakan media video tetapi dengan topik cerita yang berbeda. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus pertama sampai siklus kedua terdapat peningkatan pada nilai rata-rata kelas yaitu dari 5,54 menjadi 7, 66. Peningkatan itu terlihat dari sikap berbicara setiap siswa yang berubah ke arah yang lebih baik pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media video mampu meningkatan kemampuan berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bagi guru sekolah dasar untuk dapat menggunakan media pembelajaran khususnya media video ini dalam pelajaran Bahasa Indonesia dalam melatih dan mengembangkan kemampuan berbicara siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)