Anda belum login :: 08 Jun 2025 00:47 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Luas Trapesium Dan Layang-Layang Pada Siswa Kelas V A SDN Kembangan Utara 05 Pagi
Bibliografi
Author:
VEMSENAA, GLORIA EZRA
;
Anugraheni, Indri
(Advisor)
Topik:
media pembelajaran
;
hasil belajar
;
trapesium dan layang-layang
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2014
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
2010035026_FKIPPGSD.pdf
(6.47MB;
17 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-250
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Pelajaran matematika di Sekolah Dasar kurang disukai siswa. Alasannya antara lain, karena takut tidak bisa mengerjakannya, pelajaran matematika terlalu sulit baginya karena sifatnya yang abstrak sehingga siswa kurang memahami konsep yang telah diberikan yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar luas trapesium dan layang-layang pada siswa kelas VA SDN Kembangan Utara 05 Pagi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA yang berjumlah 37 siswa, terdiri dari 20 perempuan dan 17 laki-laki dibantu oleh guru kelas yang berperan sebagai observer. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus 1 x pertemuan. Siklus pertama mempelajari materi luas trapesium dan dilaksanakan dengan alokasi waktu 3 x 35 menit. Sedangkan siklus kedua mempelajari luas layang-layang dan dilaksanakan dengan alokasi waktu 4 x 35 menit. Instrumen penelitian yaitu lembar tes, lembar observasi dan dokumen/foto. Penelitian ini berfokus pada penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan perantara dalam proses belajar untuk menyampaikan pesan dari pengirim pesan kepada penerima pesan agar penerima pesan dapat memahami pesan yang disampaikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kegiatan proses pembelajaran. Media yang digunakan adalah media karton. Analisis hasil belajar dilakukan dengan membandingkan hasil rata-rata pretes dengan postes siklus I, rata-rata pretes dengan postes siklus II dan hasil rata-rata postes siklus I dengan postes siklus II. Hasil rata-rata pretes siklus I sebesar 25.00 sedangkan hasil rata-rata postes siklus I sebesar 50.28. Hasil rata-rata pretes siklus II sebesar 45.68 sedangkan postes siklus II sebesar 75.54. Berdasarkan hasil rata-rata yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar luas trapesium dan layang-layang pada siswa kelas V SDN Kembangan Utara 05 Pagi. Sebagai guru sebaiknya menggunakan media yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Misalnya menggunakan media dari bahan sederhana, seperti karton agar pembelajaran lebih bervariasi dan siswa aktif dalam proses pembelajaran sehingga materi yang diberikan dapat dipahami oleh siswa dengan baik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)