Anda belum login :: 07 Jun 2025 09:27 WIB
Detail
BukuPenggunaan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Strada Budi Luhur II Bekasi
Bibliografi
Author: NINGSIH, SRIMIA ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Media power point; hasil belajar IPS
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2014    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2010035025_FKIPPGSD.pdf (8.54MB; 13 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-249
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Media power point adalah sebuah program aplikasi yang dibuat oleh Microsoft yang digunakan sebagai alat untuk menyalurkan pesan dari sumber (guru) menuju penerima (siswa). Media pembelajaran yang disajikan atau digunakan pada power point berupa teks dan gambar. Hasil belajar adalah kemampuan pengetahuan yang telah dicapai oleh siswa melalui pengalaman-pengalaman yang diporoleh selama mengikuti proses kegiatan belajar IPS dengan materi keragaman kenampakan alam dan buatan di wilayah Indonesia pada siswa kelas V dan kemampuan tersebut di ukur oleh tes, kemudian dibandingkan dengan KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 71. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media power point yang dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Strada Budi Luhur II. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peneliti dan guru kelas sebagai observasi serta siswa kelas V SD Strada Budi Luhur II yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil observasi dan wawancara dianalisis secara kualitatif deskriptif, sedangkan data hasil pre tes dan post tes dianalisis secara kuantitatif dengan cara dinilai, dianalisis, dan dibandingkan dengan nilai KKM. Hasil tersebut disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata post tes siklus I dan siklus II yang meningkat dari 78,77 menjadi 81,88 dengan peningkatan sebesar 3,11, kemudian nilai rata-rata post tes siklus I dan siklus II dibandingkan dengan KKM yaitu 71. Untuk itu disarankan bagi para guru dapat memaksimalkan penggunaan media power point untuk meningkatkan hasil belajar dan minat siswa serta menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)