Anda belum login :: 17 Apr 2025 01:49 WIB
Detail
BukuAnalisis Strategi Penetrasi Industri Kreatif Kebudayaan Indonesia dalam Memasuki Pasar Singapura (Studi Kasus: Indonesian Arts Festival)
Bibliografi
Author: CASEY ; Prasetyantoko, A. Ico Tri (Advisor)
Topik: Bisnis Internasional; Industri Kreatif; Kebudayaan; Penetrasi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2014    
Penyerta: Dilihat selain dengan website Atma Jaya
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1807
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Dewasa ini, ketatnya persaingan ekonomi, membuat Indonesia harus terus berinovasi untuk tetap dapat bersaing dengan negara lain. Hal ini mendorong masyarakat untuk mengembangkan kreatifitas dan melahirkan suatu industri baru pada tahun 2007 yang disebut dengan industri kreatif, dimana industri kreatif memiliki beberapa sub sektor yakni: advertising, architecture, art&antique markets, craft, design, designer fashion, film&video, interactive leisure software, music, performing arts, publishing, software &computer services, television and radio.
Seni kebudayaan Indonesia merupakan salah satu dari industri kreatif di dalam kategori performing arts. Kekayaan seni budaya yang dimiliki Indonesia dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dengan diadakannya Indonesian Arts Festival di Singapura. Indonesian Arts Festival adalah acara dari Indonesia yang mengadakan pertunjukkan seni di Singapura. Acara ini sudah berlangsung sejak tahun 2003, dan rutin diadakan dua tahun sekali. Dengan menariknya kebudayaan Indonesia di mata masyarakat Singapura, maka peminat dalam acara ini sangat banyak.
Dengan kultur yang sangat berbeda antara Indonesia dan Singapura, Indonesian Arts Festival mendapatkan feedback yang sangat positif di Singapura, dan menjadi acara yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Indonesian Arts Festival telah berhasil mengemas kebudayaan Indonesia menjadi sangat menarik di mata masyarakat Singapura dan dinikmati sebagai hiburan alternatif oleh masyarakt Singapura.
Dengan latar belakang yang diceritakan, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan di Singapura serta mengetahui strategi penetrasi ke dalam pasar

Singapura yang dilakukan oleh Indonesian Arts Festival yang didasari oleh faktor keunggulan komparatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dekriptif kualitatif dengan mengumpulkan data dari nara sumber menggunakan wawancara mendalam ke tiga orang yang berperan di dalam acara Indonesian Arts Festival.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kebudayaan Indonesia berkembang dengan sangat baik di Singapura karena semakin bertambahnya minat masyarakat Singapura terhadap Indonesian Arts Festival, dan Indonesian Arts Festival telah berhasil menjadikan kebudayaan Indonesia sebagai hiburan alternatif masyarakat Singapura setiap tahunnya dengan mengadakan acara ini di salah satu art theatre bergengsi di Asia Tenggara. Dengan demikian, seni budaya Indonesia menjadi bagian dari industri kreatif Indonesia yang sudah diakui secara Internasional.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)