Salah satu fungsi yang berperan penting dalam perusahaan manufaktur adalah j fungsi pembelian, karena pada fungsi ini terdapat pengeluaran dana dalam jumlah yang cukup besar, sehingga fungsi ini akan mempengaruhi berbagai fungsi lain dalam perusahaan. Pembelian merupakan tahap awal dari proses produksi, oleh karena itu diperiukan pengendalian internal yang baik dalam fungsi pembelian agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Objek penulisan skripsi yang penulis pilih yaitu CV MC PARTS, yang bergerak dalam bidang usaha pembuatan kulit jok sintetis untuk sepeda motor. Dalam menilai efektifitas dan efisiensi pada fungsi pembelian, digunakan suatu alat bantu yang disebut audit manajemen. Tujuan audit manajemen atas fungsi pembelian yaitu untuk memperoleh informasi mengenai efektifitas dan efisiensi dari fungsi pembelian, mengidenfitifasikan kelemahan yang ada, serta memberikan rekomendasi perbaikan bagi pihak manajemen perusahaan. Metode yang digunakan penulis untuk memperoleh informasi yaitu wawancara mendalam dengan manajemen perusahaan, internal questionnare control, compliance test, serta observasi terhadap kegiatan pembelian. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan penulis, maka penulis berkesimpulan bahwa pengendalian internal secara umum pada CV MC PARTS sudah cukup. Akan tetapi untuk fungsi pembelian pada CV MC PARTS belum efektif dan efisien karena terdapat kelemahan pada pengendalian internal fungsi pembelian perusahaan. Oleh karena itu, penulis memberikan sarart perbaikan yang mungkin dapat diterapkan dalam perusahaan. Diharapkan saran tersebut akan bermanfaat bagi perusahaan di masa yang akan datang. |