Dalam industri kernasan botol kaca di Indonesia O-I Jakarta Plant menghadapi persaingan yang semakin ketat. Persaingan timbul tidak hanya dari -sesama produsen kernasan botol kaca tetapi mtincul juga importir keraasan botol kaca dan produk pengganti seperti kernasan plastik atau kaleng. Dalam menghadapi persaingan ini O-I Jakarta Plant hams mengambil rencana strategis untuk meraih keunggulan bersaing. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatrf dcskriplif yang mencakup analisis macroenvironment dan analisis five force unluk merunut Jaktor-faktor eksternal yang menjadi peluang atau ancaman bagi O-I Jakarta Plant. Analisis lingkungan internal pendekatan fungsi juga dilakukan untuk inengetahui faktor-faktor internal perusahaan yang menjadi kekualan atau kelemahan O-I Jakarta Plant. Langkah berikutnya, semua analisa akan dirangkum menjadi suatu formulasi strategi dengan menggunakan matriks SWOT sehingga O-I Jakarta Plant dapat mengambil strategi untuk pengembangan lebih lanjut, Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang drterapkan O-IJakarta Plant sudah cukup efektif sehingga perusahaan memiliki daya saiug dengan kompetitor-nya, Tapi dalam menghadapi persaingan ini, O-I Jakarta Plant harus peka terhadap perubahan lingkungan eksternal yang terus berkembangT sehingga lial ini dapat dijadikan peluang dan mengantisipasi ancaman, dengan memanfaatkan kekuatan dan meminimalisir kelemahan baik dengan inovasi atau meningkatkan kualitas produk sehingga dapat bersaing dalam industri kernasan botol kaca di Indonesia. |