Tingginya tingkat persaingan di industri teknologi (seperti: smartphone, handphone, tablet, laptop, notebook), membuat perusahaan - perusahaan harus menentukan strategi yang tepat dan sesuai, agar dapat memenangkan persaingan dalam industri ini. Perusahaan harus memperhatikan serangkaian faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yang akan dilakukan oleh konsumen, khususnya konsumen dari alat atau hardware teknologi tersebut. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian dengan topik: Analisis Faktor-Faktor Yang Membentuk Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung (Studi Kasus di Universitas Tarumanagara, Jakarta). Dalam pengumpulan data, penulis menyebarkan 90 kuesioner kepada responden mahasiswa dan mahasiswi Universitas Tarumanagra, Jakarta Indonesia dengan menggunakan convenience sampling. Kuesioner disebarkan pada tanggal 10 Juni 2013 sampai 15 Juni 2013. Setelah itu, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor keputusan pembelian yaitu faktor product quality and price, faktor promotion and brand image, faktor promotion and popularity, faktor brand awareness, faktor popularity merupakan faktor yang membuat konsumen memustuskan untuk melakukan pembelian terhadap produk smartphone merek Samsung. |