Status identitas merupakan sebagai perasaan individu akan dirinya sendiri, ia mengenal dirinya, memahami bakat serta minat yang dimilikinya, mempunyai keyakinan akan sesuatu, menjadi dewasa yang unik dan memiliki peran dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pencapaian status identitas siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 7 Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang memberikan gambaran tentang status identitas. Pada komponen foreclosure pernyataan positif, indikator orang lain (orangtua, keluarga, teman, guru, dsb) menentukan alternatif tujuan masa depan (melanjutkan ke perguruan tinggi atau bekerja setelah lulus sekolah) yang paling dominan dengan siswa sebesar 42%. Sedangkan indikator komitmen remaja/siswa dalam menjalankan pilihan bidang pendidikan/bidang pekerjaan yang ditentukan orang lain (orang tua, keluarga, teman, guru, dsb) adalah indikator terendah sebesar 41%. Pada komponen diffusion pernyataan positif, indikator kesulitan remaja/siswa dalam memilih jurusan bidang endidikan/pekerjaan adalah indikator terendah sebesar 25%. |