Banyak perusahaan menggunakan iklan above the line guna meningkatkan pemasaran dan juga minat beli konsumen terhadap produk perusahaan. Word of mouth yang positif atau negatif juga mampu mempengaruhi minat beli konsumen terhadap suatu produk. Berdasarkan latar belakang dan fenomena yang ada, maka penulis mengadakan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklan above the line dan word of mouth terhadap minat beli konsumen atas produk Toyota Avanza. Data yang digunakan adalah data primer menggunakan kuisioner bersifat tertutup dengan skala Likert (Likert Scale). Kuesioner disebarkan pada 223 responden penduduk komplek perumahan Bojana Tirta RW 015, Pisangan Timur, Jakarta Timur yang telah memiliki pekerjaan dan memiliki penghasilan serta mengetahui iklan Toyota Avanza melalui media televisi, radio, surat kabar, billboard maupun word of mouth. Penyebaran kuisioner menggunakan metode simple random sampling. Data diolah dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan LISREL 8.8. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan iklan above the line dan word of mouth terhadap minat beli terhadap produk Toyota Avanza. Secara parsial, iklan above the line mempengaruhi minat beli, begitupula dengan word of mouth yang memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli. |