Anda belum login :: 04 Jun 2025 11:43 WIB
Detail
BukuAnalisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan: Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Bibliografi
Author: HARLIAUWAN, RIESKA ; Yuliana, Christina (Advisor)
Topik: Corporate Social Responsibility; Profitabilitas; Leverage; Nilai Perusahaan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2013    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Rieska Harliauwan's Undergraduate Theses.pdf (726.74KB; 499 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEA-5633
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Perusahaan harus memiliki nilai perusahaan yang tinggi agar investor bersedia memberi dukungan modal untuk kelangsungan hidup perusahaan. Nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya Corporate Social Responsibility (CSR) yang menilai tanggung jawab perusahaan terhadap stakeholders. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan CSR, dan faktor-faktor lain, seperti profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan. Pengungkapan CSR diukur dengan indikator Sustainability Reporting Guidelines (SRG) yang diterbitkan oleh Global Reporting Initiative (GRI). Profitabilitas diukur menggunakan rasio Return on Total Assets (ROA). Leverage diukur menggunakan rasio hutang terhadap ekuitas. Metode regresi dan uji hipotesis digunakan untuk menguji sampel penelitian, yaitu laporan keuangan dan tahunan dari 62 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012, yang diambil dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. CSR dapat meningkatkan citra perusahaan, sementara profitabilitas menggambarkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba, sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, karena meskipun tingginya leverage menggambarkan risiko investasi yang besar, beberapa perusahaan dengan leverage yang tinggi tetap memiliki nilai perusahaan yang tinggi. Dari hasil uji tambahan diketahui bahwa profitabilitas lebih berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dibandingkan CSR.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.234375 second(s)