Anda belum login :: 17 Apr 2025 05:57 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh pengalaman masa lampau dan kerumunan terhadap kualitas jasa ekowisata, kepuasan pelanggan dan niat berperilaku
Bibliografi
Author:
Widodo, Eko
;
Alhabsji, Taher
;
Fauzi, Achmad
(Advisor);
Rahardjo, Kusdi
(Advisor)
Topik:
Perilaku Wisatawan Mancanegara
;
Ekowisata
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Tempat Terbit:
Malang
Tahun Terbit:
2012
Jenis:
Theses - Dissertation
Fulltext:
Eko Widodo.pdf
(1.48MB;
10 download
)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang perbandingan perilaku wisatawan mancanegara yang berasal dari kawasan Eropa Barat, Asia Timur dan Australia di obyek Ekowisata di Provinsi Bali. Berkaitan dengan pola hubungan antar variabel yang dihubungkan, penelitian ini ingin melihat apakah latar belakang budaya nasional dari wisatawan mancanegara yang mengunjungi obyek ekowisata di Bali berpengaruh terhadap Kualitas Jasa Ekowisata, Kepuasan Pelanggan, Kerumunan,Pengalaman Masa Lampau dan Niat Berperilaku. Penelitian ini ingin melihat apakah ada perbedaan pola hubungan dari ketiga kelompok budaya nasional yang hendak diperbandingkan tersebut. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode survey. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 260 wisatawan mancanegara yang berasal dari tiga kelompok budaya nasional yang berbeda yang berkunjung di obyek ekowisata di Bali. Alat pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan untuk menganalisa data menggunakan Multigroup SEM. Hasil: Terdapat hubungan antar variabel yang selalu berpengaruh signifikan diantara ketiga kelompok budaya nasional yang berbeda. Hubungan antar variabel yang selalu berpengaruh signifikan tersebut adalah hubungan yang terdapat dalam hubungan antar variabel sebagai berikut: 1. Hubungan antara variabel Kualitas Jasa Ekowisata dengan Kepuasan Pelanggan, 2. Hubungan antara variabel Kualitas Jasa Ekowisata dengan Kepuasan Pelanggan dan 3. Hubungan antara variabel Kepuasan Pelanggan dengan Niat Berperilaku. Kondisi ini menunjukkan bahwa ada suatu hubungan antar variabel yang bersifat universal, dalam arti berlaku untuk tiga kelompok budaya nasional yang berbeda yaitu dalam hubungan antara variabel Kualitas Jasa Ekowisata, Kepuasan Pelanggan dan Niat Berperilaku. Disamping itu dalam penelitian ini juga terdapat perbedaan pola hubungan antar variabel di dalam tiga kelompok latar belakang budaya nasional yang berbeda. Dimana di dalam kelompok latar belakang budaya nasional Eropa Barat terdapat satu hubungan antar variabel yang tidak signifikan. Di dalam kelompok latar belakang budaya nasional Asia Timur semua hubungan antar variabel memiliki hubungan yang signifikan. Sedangkan untuk kelompok latar belakang budaya nasional Australia terdapat dua hubungan antar variabel yang tidak signifikan. Kondisi ini menunjukkan bahwa ada perbedaan pola hubungan antar variabel di ketiga kelompok latar belakang budaya nasional yang berbeda.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)