Anda belum login :: 19 Apr 2025 18:38 WIB
Detail
BukuUpaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Berdasarkan Gambar Seri Melalui Penerapan PAKEM dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III SDK Nusa Melati
Bibliografi
Author: BOTA, YOSEFHINA ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: Kemampuan Menulis; Penerapan PAKEM; PGSD
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2013    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Yosefhina B Landjar's Undergraduate Theses.pdf (5.7MB; 7 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-235
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Kemampuan menulis pada siswa sekolah dasar, salah satunya dengan cara menulis karangan sederhana yang berupa karangan narasi yang menceritakan kejadian dengan urut sehingga dapat diterima atau dibaca oleh pembaca. Karangan sederhana tersebut dapat dibantu dengan menggunakan gambar seri yang berguna sebagai media ataupun alat bantu siswa saat mengerjakan karangan sederhana sehingga siswa dapat mengurutkan kejadian dan peristiwa sesuai dengan media gambar yang urut. Selain itu, dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dapat diterapkan dengan model pembelajaran PAKEM yang membantu proses pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan bagi siswa saat belajar, terlebih pada pelajaran Bahasa Indonesia. Karena mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang meningkatkan kemampuan pembelajaran dalam berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dalam kehidupan sosialnya. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan menulis melalui penerapan PAKEM dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SD Nusa Melati Jakarta Timur. Subjek penelitian adalah guru sebagai peneliti dan observer serta siswa kelas III SDK Nusa Melati yang berjumlah 36 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri meningkat dengan diterapkan PAKEM dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat terlihat dari hasil analisis data yang menunjukkan perkembangan yang meningkat jauh pada hasil rata-rata nilai siklus I dan siklus II. Peningkatan kemampuan menulis ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan perbandingan hasil rata-rata nilai kelas saat siklus pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri dan PAKEM. Pada siklus I mendapatkan hasil nilai rata-rata kelas dengan jumlah 58,53. Siklus II dengan hasil nilai rata-rata kelas 84,72. Dari siklus pembelajaran tersebut diperoleh selisih 26,19, terlihat kenaikan nilai yang baik dari siklus I yang kurang dari KKM kemudian menjadi meningkat pada siklus II yang sesuai dengan KKM. Dari penelitian dan hasil perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri mengalami peningkatan dengan diterapkan model PAKEM. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru menerapkan PAKEM dalam pembelajaran di kelas, sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)