Dienes menyatakan bahwa belajar dengan permainan bisa menjadikan pembelajaran matematikaa yang awalnya sulit menjadi mudah dan menyenangkan. Terciptanya pembelajaran yang menyenangkan dapat dilakukan dengan melakukan enam tahap belajar permainan teori Dienes yaitu permainan bebas, ermainan menggunakan aturan, permainan kesamaan sifat, permainan representasi, permainan dengan simbol, dan permainan dengan formalisasi. Guru mengelompokkan siswa berdasarkan karakteristik siswa kelas IV SD yang merupakan usia bermain dan karakteristik matematika. Siswa kelas IV SD merupakan siswa berusia 9-10 tahun yang tergolong dengan usia bermain. Matematika merupakan suatu mata pelajaran yang menantang serta mendorong munculnya kreativitas berpikir siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adanya peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas IV melalui penerepan teori Dienes. Subjek penelitian adalah guru sebagai peneliti, rekan guru sebagai observer, dan 35 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian: 1. Dalam setiap proses pembelajaran menggunakan teori Dienes, membuat siswa menjadi lebih aktif dan senang belajar matematika. 2. Pembelajaran dengan menggunakan 6 tahap belajar permainan Dienes membuat siswa lebih tertib dan rukun pada tiap-tiap kelompok. 3. Siswa yang lulus KKM sebanyak 23 siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 12 siswa. Pada akhir pembelajaran siklus II, hasil postes II adalah 71,6. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru dapat menggunakan teori Dienes dalam pembelajaran matematika dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar ataupun prestasi belajar siswa. Selain itu, guru perlu memerhatikan permainan yang sesuai dengan kelas dan usianya. |