Anda belum login :: 07 Jun 2025 23:37 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas IIIB SD Tarakanita 2 Jakarta
Bibliografi
Author:
SUHARTI, MARIA MARGARETHA
;
Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani
(Advisor)
Topik:
Kemampuan Menulis Karangan
;
Media Gambar
;
PGSD
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2013
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Maria M Suharti's Undergraduate Theses.pdf
(209.46KB;
15 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-231
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Kemampuan menulis adalah proses mengungkapkan gagasan, pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan yang produktif dan ekspresif. Media gambar merupakan sarana untuk menyampaikan pesan dari sumber ke penerima sumber dengan menggunakan simbol–simbol komunikasi visual grafis dan menggunakan perantara indra penglihatan. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan dengan menggunakan media gambar di kelas IIIB SD Tarakanita 2 Jakarta. Subjek penelitian ini adalah guru sekaligus peneliti dan seluruh siswa kelas IIIB SD Tarakanita 2 Jakarta sebanyak 25 orang. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang biasa disebut Classroom Action Research. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, siswa diminta membuat karangan bebas tentang pengalaman yang nyenangkan saat berbelanja di pasar Santa. Setelah itu siswa diminta membuat karangan narasi dengan media gambar bertema hidup hemat. Dari siklus pertama menunjukkan bahwa siswa yang telah mencapai KKM 68% (17 orang). Siklus kedua siswa diminta membuat karangan narasi dengan media gambar bertema keperluan sehari - hari. Dari siklus kedua menunjukkan bahwa siswa yang telah mencapai KKM 88% (22 orang). Hasil nilai rata-rata pada siklus pertama mencapai 7,03 dan siklus kedua mencapai 8,17. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bagi guru dan mahasiswa PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) yang akan mengajar Bahasa Indonesia sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar supaya lebih menarik dan tidak membosankan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)