Mind map yang biasa disebut sebagai peta pikiran merupakan salah satu teknik pencatatan yang dapat mengakomodir bentuk keseluruhan topik apapun dalam kehidupan sehari-hari tak terkecuali bila kita menerapkan pada pelajaran IPS. Mind map ini sangat berguna untuk kegiatan mencatat, meringkas dan mengkaji ulang pelajaran. Mind map juga dapat mensinergikan otak kiri dan otak kanan. Sehingga dengan menggunakan kedua belah otak, kemampuan mengingat siswa akan menjadi luar biasa, baik kecepatan mengingat, daya tahan ingatan, maupun kapasitas daya mengingatnya. Tentu saja mind map ini dapat juga dipakai untuk memahami materi pelajaran yang dipelajari, ini pun dapat menjadi alternatif bagi guru dalam metode pencatatan dan variasi dalam mengajar. Tak hanya itu kreativitas guru ditantang untuk mengolah suatu catatan menjadi menarik dan tidak monoton dalam arti tidak hanya sekedar catatan yang harus dipelajari saat ulangan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penggunaan mind map pada mata pelajaran IPS di kelas IIB dan kelas IVC SDK Sang Timur Tomang. Subjek penelitian adalah peneliti, guru kelas IIB dan guru kelas IVC, 31 orang peserta didik kelas IIB dan 34 orang peserta didik kelas IVC. Jenis penelitian yang dipakai adalah Penelitian Dekriptif yang terdiri dari dua pertemuan. Pada pertemuan I, peneliti memperkenalkan mind map dengan membagikan contoh-contoh mind map dan saat proses pembelajaran peneliti bersama-sama peserta didik membuat mind map di papan tulis. Pada pertemuan II, peneliti menggunakan mind map saat menjelaskan materi kemudian peserta didik secara individual membuat mind map dengan topik yang sama. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil peneliti : 1. Penggunaan mind map pada pelajaran IPS di kelas IIB SDK Sang Timur lebih membutuhkan banyak variasi warna. Kata-kata yang digunakan juga singkat. 2. Penggunaan mind map pada mata pelajaran IPS di kelas IVC SDK Sang Timur membutuhkan sedikit variasi warna. Variasi kata yang digunakan dalam pembuatan mind map lebih banyak. 3. Penggunaan mind map dapat membuat hasil belajar peserta didik meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar setiap guru dan siswa senantiasa untuk terus melatih kreativitasnya. Hal itu dilakukan agar tercipta ide-ide dalam mengajar sehingga ada sesuatu yang baru dan bervariasi saat mengajar di kelas khususnya saat mengajar pelajaran yang memiliki paparan materi yang panjang seperti pada pelajaran IPS. |