Anda belum login :: 15 Jun 2025 12:46 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan Model Pembelajaran Reflektif untuk Melatih Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa S1 PGSD FKIP Unika Atma Jaya
Oleh:
INGRIDWATI KURNIA
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 7 no. 2 (Oct. 2009)
,
page 84-95.
Topik:
Model Pembelajaran Reflektif
;
Keterampilan Dasar Mengajar
;
Fulltext:
Ingridwati.pdf
(87.69KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
PP51.3
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
J77
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penerapan model pembelajaran reflektifpada program studi S1 PGSD khususnya mata kuliah Pengajaran Mikro bertujuan untuk membekali mahasiswa S1-PGSD dalam melatih keterampilan dasar mengajar sehingga lebih siap melaksanakan PPL dan tugas mengajar di SD. Melalui penelitian tindakan kelas ini, mahasiswa berlatih menguasai berbagai keterampilan dasar mengajar dengan melakukan reflektif teknikal, reflektif kontekstual, dan reflektif kritikal atas pengalaman pembelajaran berlatih berbagai keterampilan dasar mengajar, melalui reflektif diri maupun denagn orang lain (self ang shared refletion). Hasil penelitian menunjukkan: (1) pada awalnya mahasiswa agak ragu dan cemas karena belum terbiasa melakuakn refleksi atau pengalaman pembelajarannya; (2) hasil belajar kemampuan pemahaman konsep keterampilan dasar mengajar (reflektif teknikal) dengan rerata nilai 71, kinerja keterampilan dasar mengajar (reflektif kontekstual) dengan rerata nilai 75, kritik dan saran perbaikan (reflektif kritikal) sesuai simulasi berlatih keterampilan dasar mengajar dari setiap mahasiswa. Pada akhir penelitian, mahasiswa menjadi lebih siap dan percaya diri dalam melaksanakan pembelajaran. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan tidak perlu takut dan ragu tetapi bersikap terbuka dan kritis dalam memberi atau menerima masukan dan saran demi perbaikan atau peningkatan keterampilan dasar mengajarnya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)