Fenomena global di berbagai dimensi kehidupan manusia memang tidak dapat dihindari. Mulai dari aspek ekonomi, budaya, sosial, politik, dan sebagainya. Oleh karena itu, organisasi harus melakukan perubahan dalam rangka menghadapi berbagai fenomena tersebut. Perubahan itu sendiri pada dasarnya menuntut fleksibilitas, inovasi, dan tanggapan yang cepat oleh pihak organisasi. Proses perubahan itu sendiri bukan merupakan hal yang mudah dilakukan bagi suatu organisasi. Kesalahan dalam melakukan proses perubahan organisasi dan penyampaiannya dapat mengakibatkan kesulitan bagi organisasi tersebut. Melalui adanya manajemen komunikasi diharapkan proses perubahan organisasi dapat berjalan lebih mudah dan lebih dapat diterima oleh para anggota organisasi Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen komunikasi berdasarkan dimensinya terhadap proses perubahan baik secara parsial maupu simultan. Dalam penelitian ini penulis menyusun pertanyaan dan kemudian membuat kuesioner untuk disebarkan. Penulis menyebarkan kuesioner yang berlangsung antara bulan Desember 2012 sampai dengan Januari 2013. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh manajemen komunikasi berdasarkan dimensinya (information use, satisfaction, quality, dan usefulness) terhadap proses perubahan baik secara parsial maupu simultan. |