Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja perusahaan dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard, sehingga perusahaan dapat melihat kinerja tidak hanya dari aspek keuangan, tetapi juga dari aspek non keuangan. Penulis menggunakan metode Balanced Scorecard untuk mengukur kinerja perusahaan melalui empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan proses pembelajaran dan pertumbuhan. Penulis menggunakan data perusahaan tahun 2009 dan 2010 pada analisis pengukuran kinerja keempat perspektif Balanced Scorecard. erdasarkan hasil pengukuran kinerja dengan Balanced Scorecard pada perusahaan, kinerja dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, dan perspektif proses bisnis internal kurang memuaskan. Akan tetapi perusahaan telah melakukan inovasi dengan baik, sehingga dapat mempertahankan kesetiaan pelanggan dan memperoleh pelanggan baru. Hal ini memberi dampak pada kinerja perspektif keuangan yang cukup baik. Secara keseluruhan, kinerja perusahaan adalah cukup baik. |