Anda belum login :: 16 Apr 2025 18:06 WIB
Detail
ArtikelJangkauan abstraksi metaforis komunikasi massa: analisis semantik  
Oleh: Harliani, Susi ; Sutrisno, Endro
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Kolita 8: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya 8: Tingkat Internasional, Jakarta, 24 April 2010, page 219.
Fulltext: F1 - Susi & Endro - ITS & PGRI - Jangkauan Abstraksi Metaforis . . ..pdf (219.02KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 8
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelMakalah ini melaporkan hasil kajian semantik terhadap penggunaan metafora dalam komunikasi massa pada lima bulan terakhir setelah 10 tahun reformasi. Kajian dilakukan dengan memetakan wilayah jangkauan abstraksinya, menggunakan konsep Haley dan Ullmann. Data tertulis berasal dari harian Kompas, Jawa Pos, Surya; data lisan berasal dari siaran berita dan talk show di Metro-TV dan TV One. Hasil kajian menunjukkan, bahwa metafora dalam komunikasi massa tidak menjangkau segenap wilayah abstraksi manusia, dan sebagian besar metafora tersebut berada dalam wilayah abstraksi yang rendah, sempit, dangkal. Hal ini menggambarkan pola pikir masyarakat yang cenderung instan dan literal, bergeser dari pola high context cultures ke arah low context cultures.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)