Anda belum login :: 27 Jul 2025 06:26 WIB
Detail
ArtikelStrategi belajar hanzi pemelajar Indonesia: studi kasus pada kelas Bahasa Mandarin sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta  
Oleh: Martani, Anne T.
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Kolita 8: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya 8: Tingkat Internasional, Jakarta, 24 April 2010, page 181.
Topik: STRATEGI BELAJAR HANZI; BAHASA MANDARIN; PEMELAJAR INDONESIA; PENCAPAIAN PEMELAJARAN
Fulltext: E2 - Anne T. Martani - IBII Jakarta - Strategi Belajar Hanzi Pemelajar Indonesia . . ..pdf (216.04KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 8
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelTulisan ini mencoba untuk menjawab permasalahan terjadinya kesenjangan pencapaian pemelajaran yang diraih pemelajar bahasa Mandarin sebagai bahasa kedua di Indonesia. Penelitian berbentuk studi kasus dilakukan untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan cara meneliti strategi-strategi belajar hanzi yang digunakan oleh pemelajar Indonesia, faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan suatu strategi belajar tertentu serta perbedaan strategi belajar yang digunakan oleh pemelajar yang berhasil dan pemelajar yang kurang berhasil. Penelitian ini dilakukan pada kelas bahasa Mandarin sebuah perguruan tinggi di Jakarta dengan jumlah subjek penelitian sebanyak tiga belas orang. Seluruh data yang digunakan merupakan data primer yang dikumpulkan melalui instrumen kuesioner, verbal report, wawancara, dan tes. Data diolah dengan membuat transkripsi, melakukan pengkodean, perhitungan frekwensi, rerata, dan modus. Data-data tersebut lalu dianalisis dengan menggunakan teknik tipologi. Dari penelitian ini, ditemukan enam puluh empat buah strategi belajar hanzi yang terbagi dalam enam buah kelompok strategi, yaitu strategi kognisi, metakognisi, mengingat, sosial, kompensasi, dan afeksi. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi belajar tertentu terbagi dalam dua faktor utama, yaitu faktor pemelajar dan faktor ortografi. Selain itu, pada penelitian ini juga ditemukan adanya strategi-strategi tertentu yang hanya digunakan oleh pemelajar yang berhasil dan tidak digunakan oleh pemelajar yang kurang berhasil untuk mendukung pemelajarannya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)