Anda belum login :: 22 Jul 2025 18:41 WIB
Halaman Awal
|
Logon
Hidden
»
Administrasi
»
Detil Koleksi
Detail Koleksi
Pengaruh Kampanye Politik Melalui Media Sosial Terhadap Perilaku Politik Pemilih Pemula (Penelitian Pada Kampanye Pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012)
Bibliografi
Author:
ARWANDATA, ANGGIRA RIBKA
;
Sarinastiti, Nia
(Advisor)
Topik:
Kampanye Politik
;
Media Sosial
;
Perilaku Politik
;
Pemilih Pemula
;
Ilmu Komunikasi
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Ilmu Komunikasi - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2013
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Anggira Ribka A's Undergraduate Theses.pdf
(949,52KB;
238 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAK-003
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstrak
Dalam kampanye menjelang pemilukada DKI Jakarta tahun 2012, Public Relations politik pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama memanfaatkan media sosial dalam menyebarkan pesan kampanye kandidat tersebut kepada para pemilih terutama kepada pemilih pemula. Terdapat lebih dari 800.000 pemilih pemula di Jakarta. Pemilih pemula memiliki suara (vote) yang potensial dalam proses pemenangan seorang kandidat politik dalam sebuah pemilu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kampanye politik pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama yang dilakukan melalui media sosial terhadap perilaku politik pemilih pemula yang diukur berdasarkan teori Attention, Interest, Desire and Action (AIDA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Melalui teknik cluster sampling, penelitian ini memperoleh 144 responden yang merupakan mahasiswa– mahasiswi FIABIKOM Unika Atma Jaya Jakarta yang berusia 17 sampai 21 tahun dan terdaftar sebagai warga DKI Jakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kampanye politik Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama melalui media sosial Twitter, Facebook dan Youtube terhadap perilaku politik pemilih pemula di FIABIKOM Unika Atma Jaya dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0,125 second(s)