Anda belum login :: 28 Apr 2025 16:53 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Laporan Penelitian Evaluasi terhadap Perilaku Profesional Mahasiswa Kedokteran (Presentasi Oral pada Pertemuan Ilmiah Tahunan I Asosiasi Institusi Ahli Pendidikan Profesi Kesehatan Indonesia AIDIPROKESI/IASHE) 15-16 Maret 2013, Yogyakarta)
Bibliografi
Author:
Djuartina, Tena
;
Linarto, Ratnawati
Topik:
RESEARCH REPORT
;
ABIM Scale
;
music 360' assessment
;
barry challenges
;
JABFUNG2014
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta Utara
Tahun Terbit:
2013
Jenis:
Research Report
Fulltext:
Evaluasi Terhadap Perilaku Profesional Mahasiswa Kedokteran.pdf
(17.41MB;
7 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan FK
Nomor Panggil:
RR-013/001/FK
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Latar belakang: Seorang dokter tidak hanya harus memiliki ketrampilan klinis dan pengetahuan tetatpi juga membutuhkan perilaku dan sikap yang professional. Perilaku adalah manisfetasi cerminan dari kepribadian, sedangkan profesionalisme merupakan sesuatu yang menjadi kebiasaan yang di tunjukan dengan jelas berdasarkan pengetahuan, kemampuan serta perilaku. Profesionalism behavior merupakan perilaku yang bisa diamati dan mencerminkan standar serta nilai-nilai yang dibuktikan melalui cara tutur kata, cara bersikap maupun berpenampilan.
Tujuan: Mendapatkan gambaran mengenai perilaku profesional mahasiswa kedokteran FKUAJ
Metode: Penelitian ini merupakan studi deskriptif-analitik {cross-sectional) pada mahasiswa FKUAJ tingkat kepaniteraan. Sampel diambil secara acak sederhana. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan ABIM Scale, Music 360° Assessment dan kuesioner Barry Challenges. Data kualitatif dikumpulkan melalui kelompok diskusi dan wawancara. Hasil dianalisis menggunakan content analysis.
Hasil: Menurut ABIM Scale, tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara sikap professional sebelum dan sesudah diberikan pelatihan profesionalisme (p>0.05). Akan tetapi, menurut Music 360° Assessment dan Bary Challenges, didapatkan perbedaan yang bermakna (p<0.05).
Kesimpulan: Pemberian pelatihan profesionalisme pada mahasiswa dapat sedikit meningkatkan sikap professional mahasiswa kedokteran FKUAJ namun hasil yang didapatkan belum terlihat bermakna dikarenakan waktu pelatihan yang singkat.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)