Anda belum login :: 06 Jun 2025 14:57 WIB
Detail
ArtikelKepuasan Pasien terhadap komunikasi dokter-pasien  
Oleh: Dewi, Arlina
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Mutiara Medika vol. 09 no. 02 (Jul. 2009), page 37.
Topik: hubungan efektivitas komunikasi; Durasi komunikasi dokter pasien; kepuasan pasien; primary care; Puskesmas
Ketersediaan
  • Perpustakaan FK
    • Nomor Panggil: M55.K.02
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelKomunikasi dokter pasien merupakan landasan yang penting dalam proses diagnosis, terapi maupun pencegahan penyakit. Dalam beberapa kasus di Primary Care banyak dijumpai dokter yang keliru mendiagnosis karena adanya hambatan dalam komunikasi. Pada praktik dokter yang sibuk komunikasi yang terjadi hanya sangat singkat. Ketidakpuasan sebagai pasien terhadap layanan dokter karena merasa kurang diperhatikan dan tidak ada kesempatan dalam mengungkapkan perasaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kepuasan pasien dengan durasi komunikasi dokter pasien di Puskesmas. Metode penelitian menggunakan rancangan cross sectional dengan jenis penelitian analitik. Pengumpulan data menggunakan kuisioner kepuasan yang diisi langsung oleh responden dan observasi langsung oleh peneliti terhadap durasi komunikasi dokter pasien. Enam puluh empat responden pasien terpilih secara acak dari delapan Puskesmas tempat dokter Primary Care memberikan pelayanan. Analisis data menggunakan uji Spearman Correlation. Hasil penelitian didapatkan rata-rata durasi komunikasi dokter pasien 2,97 + 1,27 menit. Dari delapan komponen kategori (greeting, non verbal, empathy, language, listening, giving information, summarizing, motivation) tingkat kepuasan pasien yang tertinggi pada empathy dan yang terendah pada greeting. Skor kepuasan pasien terhadap dokter perempuan lebih tinggi daripada dokter laki-laki (p=0,026). Terdapat korelasi sedang (r=0,444, p< 0,005) antara kepuasan pasien dengan komunikasi dokter pasien di Puskesmas. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan sedang antara kepuasan pasien dengan komunikasi dokter pasien di Puskesmas.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)