Anda belum login :: 19 Apr 2025 09:41 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III A SDN Kota Bambu 03 Pagi Jakarta Barat
Bibliografi
Author:
PRATIWI, DEWI
;
Stevanus, Ivan
(Advisor)
Topik:
Penerapan Sosiodrama
;
Meningkatkan Hasil Belajar IPS siswa kelas III SD
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2013
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Dewi Pratiwi's Undergraduate Theses.pdf
(1.1MB;
24 download
)
Dewi Pratiwi's Undergraduate Theses 1.pdf
(7.83MB;
9 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-220
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Metode Sosiodrama adalah cara atau jalan untuk mendramatisasikan cara bertingkah laku orang-orang tertentu didalam posisi yang membedakan peranan masing-masing dalam suatu materi pembelajaran. Hasil belajar merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan tingkat keberhasilan yang dicapai oleh seseorang setelah melakukan usaha tertentu. Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang mempelajari dan menelaah serta menganalisis gejala dan masalah sosial. Tujuan Penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode sosiodrama dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III A SDN Kota Bambu 03 Pagi Jakarta Barat. Subjek penelitiannya adalah peneliti yang berperan sebagai guru dan siswa kelas III A dengan dibantu oleh wali kelas III A yang bertindak sebagai observer yang berjumlah 33 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, hasil penelitian disajikan dalam bentuk grafik lalu setelah itu dideskripsikan. Berdasarkan analisis data, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan meningkatkan kualitas drama melalui siklus I dan siklus II dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III A SDN Kota Bambu 03 pagi Jakarta Barat dan membuat siswa lebih antusias untuk belajar lebih aktif dan senang dalam pembelajaran IPS, hal ini karena melalui metode sosiodrama siswa diajak untuk turut berperan dalam drama masalah sosial di sekitarnya, hal tersebut merupakan hal yang jarang mereka lakukan sehingga terciptanya suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan. Adapun tujuan dari penerapan metode sosiodrama adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.0625 second(s)