Penulis memilih melakukan praktik magang di PT Asuransi Allianz Indonesia sebagai perusahaan jasa keuangan terkemuka bergerak di bidang asuransi. Praktik magang dilakukan untuk mendapatkan gambaran kesesuaian antara sistem kerja perusahaan dengan ilmu yang didapatkan di dunia akademik khususnya dalam hal pemberian kompensasi untuk meningkatkan kualitas internal jasa. Penulis dapat melakukan link and match antara dunia kerja dengan dunia akademik. Selama menjalani praktik magang penulis ditempatkan di bagian Sales and Compensation Benefit. Tugas dari Sales and Compensation benefit adalah mengevaluasi gaji, memberikan kompensasi dan membuat program-program benefit untuk karyawan PT Allianz Life Indonesia untuk menjaga kepuasan internal dari karyawan. Penulis menemui beberapa permasalahan yang ada di perusahaan yaitu kurangnya kepedulian dari karyawan mengenai kompensasi. Sebaiknya setiap karyawan selalu diingatkan pemberian kompensasi melalui reminder email untuk memberikan evidence pekerjaan mereka, supaya pemberian kompensasi dapat diproses secara cepat, tepat dan akurat. Perusahaan juga harus menjalin hubungan yang baik dengan bank partner, supaya perusahaan tidak kehilangan business partner yang dapat berdampak pada pindahnya karyawan ke perusahaan kompetitor. |