Anda belum login :: 26 Jul 2025 10:19 WIB
Detail
BukuPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Santo Fransiskus I
Bibliografi
Author: TURNIP, HOTMAIDA THERASIA ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: Model pembelajaran koperatif tipe TGT; hasil belajar; IPA
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2013    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Hotmaida Therasia Turnip's Undergraduate Theses.pdf (2.96MB; 18 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-219
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pemilihan model mengajar harus sesuai dengan realitas yang ada dan situasi kelas yang ada, serta pandangan hidup yang akan dihasilkan dari proses kerja sama antar guru dan peserta didik. TGT merupakan salah satu model pembelajaran yang tepat untuk digunakan oleh seorang guru dalam menyampaikan pembelajaran, sehingga tujuan yang ingin dicapai dalam suatu pembelajaran dapat tercapai. TGT adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 4 sampai 5 orang siswa yang memiliki kemampuan, jenis kelamin, suku kata atau suku ras yang berbeda. Pembelajaran kooperatif tipe TGT terdiri dari beberapa tahapan, yaitu tahapan penyajian ( class precentation), belajar dalam kelompok ( teams ), permainan (games), pertandingan ( tournament), dan perhargaan kelompok ( team recognition). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV Sdsanto Fransisikus I. Subjek dari penelitian ini adalah guru sebagai peneliti, siswa kelas IV SD Santo Fransiskus I yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 12 orang siswa berjenis kelamin perempuan dan 16 orang siswa berjenis kelamin laki-laki. Dan guru kelas sebagai observer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian PTK dengan 2 siklus. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2012 dan setelah dilakukannya refleksi terhadap siklus I, pada tanggal 3 Oktober 2012 dilaksanakannya silus II. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain : observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis dan deskripsi data, diperoleh hasil bahwa pada setiap siklusnya terjadi peningkatan hasil belajar IPA pada siklus I yang semula rata-rata hasil belajar 54,7 meningkat menjadi 79,9 dan pada siklus II nilai IPA rata-rata siswa pada mulanya hanya 57,2 hingga terjadi peningkatan menjadi 87,6. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD Santo Fransiskus I.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)