Anda belum login :: 19 Apr 2025 09:36 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan model Cooperative Learning untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa melalui pembelajaran IPS di kelas VB SD Strada Bakti Utama, Bintaro
Bibliografi
Author:
HUTAGALUNG, CERLI ELPERIDA
;
Stevanus, Ivan
(Advisor)
Topik:
Cooperative learning
;
Kecerdasan interpersonal
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2013
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Cerli Elperida Hutagalung's Undergraduate Theses.pdf
(2.84MB;
12 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-204
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Cooperative Learning adalah salah satu model pembelajaran yang kegiatan belajarnya dipusatkan pada kegiatan siswa. Berdasarkan hasi observasi awal yang dilakukan peneliti di SDK Strada Bakti Utama, Bintaro dapat diketahui bahwa pengajaran yang dilaksanakan oleh guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Sistim pembelajaran yang berlangsung sering kali hanya mengembangkan kecerdasan akademik dan mengabaikan kecerdasan lainnya yang ada didalam diri siswa. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model cooperative learning melalui tipe Jigsaw dan Group Investigasion untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas VB SDK Strada Bakti Utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa melalui pembelajaran IPS di kelas VB SDK Strada Bakti Utama, Bintaro. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDK Strada Bakti Utama, Bintaro, yang berjumlah 39 siswa yang terdiri atas 19 siswa putra dan 20 siswa putri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada tanggal 24 Oktober dan 02 November 2012 dengan menggunakan instrumen kecerdasan interpersonal dan pelaksanaan model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw dan Group Investigasion, lembar observasi kegiatan guru serta pendapat siswa mengenai penerapan model cooperative lerning. Analisis hasil penelitian dideskripsikan dengan menggunakan teknik deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan mengenai tingkat kecerdasan interpersonal siswa kelas VB SDK Strada Bakti Utama, Bintaro tahun ajaran 2012/2013 dalam kehidupan bersosialisasi/ kehidupan di sekolah menunjukkan bahwa menunjukkan adanya peningkatan rata-rata (%) dan F (frekuensi) sebelum siklus dan sesudah siklus. Rata-rata tingkat kecerdasan interpersonal siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran cooperative learning sebesar 43,49% dan frekuensinya sebanyak 17. Sedangkan rata-rata tingkat kecerdasan interpersonal siswa sesudah diterapkannya model pembelajaran Cooperative Learning meningkat menjadi 53% dan frekuensinya sebanyak 21. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Jadi disarankan bagi guru agar dapat menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan mengembangkan seluruh aspek-aspek kepribadian siswa secara khusus kecerdasan interpersonal dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran IPS.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)