Anda belum login :: 16 Apr 2025 23:28 WIB
Detail
BukuPenggunaan Model Pembelajaran PAKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Tarsisius II Jakarta Barat
Bibliografi
Author: MARCELLINA, MARIA ; CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor)
Topik: PAKEM; Hasil Belajar Matematika
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2013    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Maria Marcellina's Undergraduate Theses.pdf (7.31MB; 33 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-199
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
PAKEM merupakan model pembelajaran dan menjadi pedoman dalambertindak untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. PAKEM merupakanstrategi pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan dan pemahamansiswa, dengan perkenan pada belajar sambil bekerja (learning by doing).Pembelajaran dengan cara yang biasa-biasa saja dilakukan oleh guru disekolahsering membuat siswa bosan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. PAKEMdapat dijadikan salah satu cara untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaranagar kegiatan pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan sehinggapembelajaran lebih hidup dan siswa tertarik dalam mengikuti kegiatanpembelajaran.PAKEM memiliki ciri-ciri dan karakteristik tersendiri. Ciri-ciri PAKEMyaitu ; multi metode dan multi media, lebih banyak melakukan pembelajarandengan praktik dan bekerja dalam satu tim, serta melakukan pembelajaran denganmemanfaatkan lingkungan sekitar baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Adapula yang menjadi karakterististik PAKEM yang digunakan untuk pembuatanrancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan karakteristikPAKEM tersebut. Karakteristik tersebut yaitu menggunakan sumber belajar yangbervariasi (lebih dari satu sumber belajar), sumber belajar yang bervariasi dibuatdalam bentuk skenario pembelajaran, memajang hasil kegiatan pembelajaran,kemudian dirancang kegiatan pembelajaran menjadi kegiatan pembelajaran yangbervariatif (kegiatan berkelompok, kegiatan berpasangan, dan kegiatanindividual), siswa mengerjakan tugas dengan mengembangkan kreativitas yangdimiliki oleh siswa dan mempresentasikannya di depan kelas. Selain itu gurumemanfaatkan lingkungan sekitar baik di dalam kelas mau pun di luar kelas, sertamelakukan refleksi pada akhir proses pembelajaran.Hasil belajar matematikamerupakan proses pemberian nilai terhadap hasil-hasil belajar matematika yangdicapai siswa dengan kriteria yang telah ditentukan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan modelpembelajaran PAKEM pada proses pembelajaran matematika siswa kelas V SDTarsisius II Jakarta Barat. Subjek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas V SDyang berjumlah 34 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklusterdiri atas dua pertemuan, dan setiap pertemuan dilakukan dengan alokasi waktudua jam pelajaran (2 x 40 menit). Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah observasi, tes, dan dokumentasi.Penggunaan model pembelajaran PAKEM ini agar hasil belajarmatematika siswa kelas V-B meningkat. Penggunaan model pembelajaranPAKEM dilakukan dengan melakukan kegiatan berkelompok, kegiatanberpasangan dan kegiatan individu. Kegiatan tersebut seperti membuat pohonfaktor dan faktorisasi prima, membuat poster KPK, melakukan permainan snowball, kemudian membuat gelang untuk menentukan FPB, dan melakukanpermainan siapa cepat aku bisa. Kegiatan tersebut dilakukan dalam pembelajarandengan tujuan untuk mebuat siswa aktif dan tertarik dalam melakukanpembelajaran. Selain itu, untuk melakukan setiap kegiatan tersebut siswamengelurakan ide dan kreativitasnya dalam menyelesaikan tugas yang dilakukansecara berkelompok, berpasangan atau pun individual. Pembelajaran yangdilakukan oleh siswa dengan aktif dan kreatif dapat dipastikan suasanapembelajaran pun menyenangkan dan membuat pembelajaran menjadi efektifsehingga tujuan pembelajaran pun dapat tercapai dengan baik. Hal ini dapatdibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar.Pada penelitian yang telah dilakukan, didapati rata-rata (siklus I) pada pretes sebesar 8,06 sedangkan pada post tes sebesar 58,63. Hal ini masih jauh dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM : 66). Pada siklus II didapati rata-rata kelas pada pre tes sebesar 45, 64 dan pada post tes sebesar 76,93. Pada siklusII, rata-rata kelas mulai meningkat apabila ditinjau dari rata-rata kelas pada siklusI ke siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa kelas V-B pada pelajaran matematika juga dapat dilihat peningkatan jumlah siswa yang memiliki nilai di bawah dan di atas KKM pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian inidisarankan kepada sekolah dan guru untuk melakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)