Dalam menghadapi lingkungan bisnis yang kompetitif dibutuhkan penilaian kinerja perusahaan secara akurat dan menyeluruh, salah satu caranya adalah dengan Balanced Scorecard yang mengukur kinerja perusahaan dari 4 perspektif, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja perusahaan dengan Balanced Scorecard. Objek penelitian adalah PT Teletama Artha Mandiri, salah satu distributor terkemuka di Indonesia yang bergerak dalam bidang mobile communication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PT Teletama Artha Mandiri secara keseluruhan sudah baik. Pangsa pasar perusahaan meningkat karena perusahaan dapat memuaskan dan mempertahankan pelanggan. Hal ini dikarenakan adanya proses bisnis internal yang didukung oleh kinerja yang baik pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Pada akhirnya, penurunan rasio beban operasional serta kenaikan sales growth, NPM, operating assets turnover, ROI, dan ROE perusahaan di tahun 2011 mencerminkan kinerja yang sangat baik pada perspektif keuangan. Pada tahun 2011 hasil pengukuran sales growth dan operating assets turnover melebihi target yang telah ditetapkan perusahaan, sedangkan net profit margin, ROI, dan ROE perusahaan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya walaupun tidak berhasil mencapai target. |