Penulis melakukan praktik magang di PT Asuransi Allianz Life Indonesia yang terletak Jl. HR Rasuna Said, Kawasan Kuningan Persada super blok 2, Jakarta. Praktik magang dilakukan untuk mendapatkan gambaran sistem kerja perusahaan dengan ilmu yang didapatkan penulis pada dunia akademik khususnya dalam hal pelatihan dan pengembangan. Penulis dapat melakukan link and match antara dunia kerja dengan dunia akademik. Selama menjalani praktik magang penulis ditempatkan di bagian Allianz Indonesia Corporate University (AICU), yang merupakan paying strategis untuk menyatukan, mengkoordinasikan dan memfokuskan seluruh upaya pembelajaran bagi karyawan, nasabah dan para mitra usaha. Penulis diberikan tugas menyiapkan keperluan training dan melakukan proses evaluasi pelatihan untuk mendapatkan informasi mengenai tingkat keberhasilan suatu program pelatihan. Seiring berjalannya waktu saat menjalani praktik magang, penulis menemukan beberapa masalah yang terjadi pada perusahaan mengenai pelitahan dan pengembangan karyawan, antara lain jadwal pelatihan kurang sistematis yang dapat menghambat kinerja operasional secara keseluruhan dan mengenai data evaluasi pelatihan yang tidak lengkap. Untuk mengahadapi masalah tersebut penulis menyarankan perusahaan membuat sistem terintegrasi dan otomatisasi terhadap penjadwalan pelatihan serta memberikan pembekalan kepada tenaga pengajar untuk memastikan bahwa data evaluasi pelatihan telah terisi lengkap oleh para peserta. |