Anda belum login :: 11 May 2025 22:40 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Brand Sense Terhadap Pembentukan Identitas Merek Famous Amos (Studi Kasus: Gerai Famous Amos Plaza Senayan)
Bibliografi
Author:
Wibowo, Rusminto
(Advisor);
AGUSTINA, FRANSISKA
Topik:
Brand Sense
;
Identitas Merek
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2013
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Fransiska Agustina's 1 Undergraduate Theses.pdf
(2.3MB;
33 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-1778
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Perkembangan industri yang kian pesat menyebabkan tingkat persaingan antar produsen yang semakin meningkat, khususnya industri makanan waralaba. Produsen harus menciptakan berbagai strategi agar produknya dapat berkembang dan mendapat tempat di tengah masyarakat. Untuk membangun strategi tersebut, produk yang dipasarkan tidak hanya dibutuhkan oleh konsumen saja, melainkan diinginkan dan memiliki ciri khas tersendiri di dalam produknya. Salah satu strategi untuk memberikan ciri khas dalam suatu produk adalah melakukan penambahan dimensi merek pada produk. Merek merupakan suatu identitas yang melekat pada produk, dan melalui identitas tersebut konsumen dapat membedakan produk yang satu dari yang lainnya. Konsumen akan mengenal produk yang dikonsumsinya melalui merek yang ada, karena setiap merek memiliki karakter yang unik. Karakter tersebut dapat diperkuat dengan penggunaan brand sense dalam memasarkan produk. Brand sense adalah penambahan dimensi sensorik pada sebuah produk. Saat ini banyak gerai makanan yang menggunakan brand sense dalam menarik perhatian konsumen, salah satunya adalah Famous Amos. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand sense terhadap pembentukan identitas merek Famous Amos.Variabel utama dalam penelitian ini adalah brand sense sebagai variabel bebas (independent variable) dan identitas merek sebagai variabel terikat (dependent variable). Skala pengukuran yang digunakan dalam penelititan ini adalah Skala Likert. Teknik sampling yang dipakai dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, jumlah sampel sebanyak 83 orang responden yang merupakan pengunjung gerai Famous Amos Plaza Senayan. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regeresi linier berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dimensi smell dan taste merupakan dimensi yang paling menarik perhatian konsumen Famous Amos, di mata konsumen pun Famous Amos memiliki identitas merek yang khas. Di samping itu, brand sense dan identitas merek memiliki korelasi yang positif dan kuat. Hal ini pun didukung pula dari hasil uji regresi yang membuktikan bahwa penggunaan brand sense berpengaruh positif dalam membentuk identitas merek. Berdasarkan hasil penelitian, Famous Amos diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan brand sense dan meningkatkan pembentukan identitas merek.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.0625 second(s)