Bisnis internasional merupakan aktivitas bisnis lintas negara yang digunakan oleh banyak perusahaan dalam menghadapi persaingan. Perusahaan berusaha memasuki negara lain untuk memperluas pasar dan menjaga kelangsungan aktivitas bisnisnya. Salah satu perusahaan yang menjalankan praktik bisnis internasional adalah United Overseas Bank (UOB). UOB merupakan bank swasta asal Singapura yang beroperasi di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Saat ini, UOB merupakan salah satu bank swasta terkemuka di kawasan Asia. Di Indonesia sendiri, UOB mampu mencapai peningkatan jumlah aset, dana pihak ketiga, kredit yang dialirkan, dan pendapatan yang stabil dari tahun ke tahun. Keberhasilan UOB dalam menjangkau pasar Indonesia didukung oleh analisis mengenai lingkungan bisnis perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan jauh, lingkungan industri, lingkungan internal, serta kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang dihadapi UOB dalam beroperasi di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pihak yang berperan dalam pengambilan keputusan di PT Bank UOB Indonesia, studi kepustakaan, observasi, dan dokumen perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa UOB memasuki pasar Indonesia melalui strategi akuisisi. Akuisisi dilakukan terhadap Bank Buana yang sudah beroperasi di Indonesia. Langkah ini diambil karena Indonesia memiliki potensi pasar yang tinggi. Dari segi lingkungan jauh kondisi politik, ekonomi, sosial, dan teknologi di Indonesia mendukung masuknya investasi UOB. Lingkungan industri pun tidak mengindikasikan adanya hambatan yang besar bagi UOB dalam menjangkau nasabah Indonesia. Kondisi lingkungan internal perusahaan menunjukkan bahwa UOB memiliki sumber daya yang potensial untuk menjalankan aktivitas bisnisnya. UOB berhasil menjangkau pasar Indonesia dengan adanya kekuatan relationship yang dijadikan strategi untuk meningkatkan loyalitas nasabah. |