Anda belum login :: 19 Apr 2025 08:08 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Kontribusi Produk Private Brand Matahari Supermarket Terhadap Penjualan
Bibliografi
Author:
Purwandani, Endah
;
S, Jonathan Soemirat
Topik:
Konsep Produk
;
Konsep Kemasan
;
Konsep Merek
;
Brand Familiarity Dan Brand Image
;
Perilaku Konsumen
;
Sdcap Konsumen
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Magister Manajemen - Pasca Sarjana - Universitas Pelita Harapan
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2002
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Endah Purwandani's Undergraduate Theses.pdf
(2.32MB;
5 download
)
Abstract
Kegiatan bisnis eceran di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Masuknya beberapa raksasa retailer Internasional ke Indonesia serta semakin banyaknya pemsahaan-pemsahaan retail Nasional yang memperluas jangkauan usahanya mengakibatkan semakin ketatnya persaingan dalam bisnis ini. Dalam menghadapi ketatnya persaingan tersebut maka setiap pemsahaan hams selalu bempaya meningkatkan pelayanan, mengembangkan profesionalisme, mengembangkan berbagai ide-ide bam dan inovasi-inovasi yang kreatif agar dapat bertahan pada posisinya serta pada akhirnya dapat memperluas pangsa pasarnya di kemudian hari. Matahari Supermarket sebagai salah satu pemsahaan eceran yang terbesar di Indonesia dengan konsep "one stop shopping" yang dijadikan suatu komitmen dalam melayani setiap kebutuhan konsumen. Perilaku konsumen yang demikian kritis dalam menentukan pilihan atas barang yang akan dibeli telah membuat Matahari Supermarket meluncurkan produk-produk private brand. Secara umum private brand adalah serangkaian produk yang dikemas khusus dalam kemasan yang memiliki identitas tempat menjualnya dan hanya bisa diperoleh di tempat itu pula. Peluncuran produk private brand dimaksudkan untuk membantu konsumen dalam berbelanja, memudahkan konsumen dalam memilih produk disamping produk-produk merek lainnya. Produk Private brand Matahari Supermarket mempakan salah satu unsur bauran pemasaran yang ditawarkan pemsahaan kepada konsumen. Sehingga dalam menghasilkan produknya dihamskan untuk mengelola dengan baik berbagai variable produk yang kompleks dan saling mempengaruhi. Variabel tersebut terdiri dari manfaat inti, ciri-ciri produk, design merek, nama merek dan label. Dengan perumusan produk yang tepat maka diharapkan konsumen akan memberikan penilaian positif terhadap produk private brand yang ditawarkan sehingga dapat memberikan value added terhadap Matahari Supermarket serta dapat memberikan kontribusi penjualan yang terus meningkat. Bertitik tolak pada tujuan private brand Matahari Supermarket yang ditawarkan maka dibuat suatu laporan perusahaan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi produk tersebut terhadap tingkat penjualan. Dalam hal ini yang dilaporkan adalah pemilihan produk private brand yang diluncurkan adalah merupakan kebutuhan sehari-hari (basic needs) yang disesuaikan dengan segmen dan target market dari konsumen Matahari Supermarket. Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk private brand telah ditetapkan strategi harga yang sangat kompetitif dibandingkan dengan produk benchmark yaitu sekitar 10 % - 20 % lebih murah dari produk benchmark dengan standar margin sebesar 20 %. Kegiatan promosi yang dilakukan adalah melalui media cetak berupa iklan produk di koran dan katalog serta atribute promosi di lapangan. Didasari dari laporan tersebut didapat bahwa produk private brand yang memiliki kontribusi penjualan yang tinggi adalah produk yang tidak mempunyai kompetitor produk yang mempunyai brand image yang tinggi seperti misalnya produk dry good, tissue, cotton bud, dsb. Sebaliknya pada produk yang mempunyai produk yang telah memiliki brand image sangat kuat di benak konsumen akan memiliki kontribusi penjualan yang kecil seperti misalnya produk syrup dan feminine napkins. Untuk lebih meningkatkan kontribusi produk private brand terhadap penjualan maka dilakukan beberapa perbaikan diantaranya adalah melengkapi variety produk private brand serta menjaga availability produk untuk memeuhi kebutuhan konsumen sehingga dapat meningkatkan brand awareness konsumen
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)