PT RSI merupakan perusahaan forwarder yang berlokasi di Jakarta Utara dekat pelabuhan Tanjung Priok. Produk yang ditawarkan adalah dibidang transportasi dalam hal pengurusan dokumen sehubungan dengan kegiatan export-import. Dalam memperkenalkan produknya, PT RSI melakukan promosi melalui pemasangan iklan di majalah Sailing dan melalui internet. Hasil analisis menunjukkan bahwa fektor-faktor yang paling signifikan pada PT RSI dari segi peluang adalah pangsa pasar di wilayah Eropa yang belum dimasuki, dari segi kekuatan adalah memiliki container sendiri, dari segi ancaman adalah banyaknya pesaing yang terus bermunculan dan dari segi kelemahan adalah tidak adanya divisi marketing yang kuat. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, selain menjalankan strategi pemasaran yang sudah ada, PT RSI hams melakukan strategi baru dengan memperhatikan hasil analisis yang ada. Untuk itu, PT RSI harus melihat kekuatan dan peluang yang ada disekitarnya seperti berusaha untuk menggunakan containernya sendiri untuk setiap shipment export serta mengembangkan jaringannya ke wilayah Eropa seperti Jerman mengingat sekarang ini pangsa pasar PT RSI hanya wilayah Asia yaitu Singapore, Hongkong, Taiwan, Bangkok.. Selain itu, PT RSI harus segera mencari karyawan-karyawan yang berpengalaman untuk divisi marketing sebagai langkah awal untuk membentuk divisi marketing yang kuat karena tanpa divisi marketing yang kuat perusahaan akan mengalami hambatan dalam perkembangannya. |