Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi merupakan berbagai komponen yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi respon konsumen. Atribut yang melekat pada suatu produk dengan sengaja diperlihatkan atau diinformasikan untuk mempengaruhi konsumen. Sedangkan bagi konsumen, berbagai komponen bauran pemasaran yang diberikan oleh perusahaan dapat menjadi stimulus dalam proses pengambilan keputusan. Jadi dalam hal ini konsumen melihat bauran pemasaran sebagai daya tarik terhadap suatu produk. Berdasarkan hal tersebut di atas, penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu pengaruh bauran pemasaran smartphone BlackBerry terhadap proses keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Setelah itu data diolah dengan menggunakan program SPSS versi 17.0. Hasil dari penelitian ini setelah diuji menggunakan analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi secara stimultan maupun masing- masing berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian smartphone BlackBerry, serta variabel yang paling berpengaruh adalah variabel distribusi. |