Crème de la Crème Beauty and Family Salon adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa kecantikan yang ditujukan untuk orang tua dan anak balita. Latar belakang usaha ini karena semakin banyaknya wanita yang bekerja di luar rumah berpotensi meningkatkan kebutuhan wanita akan produk dan jasa kecantikan, serta semakin banyaknya orang tua muda yang memperhatikan penampilan anak balitanya. Crème de la Crème Beauty and Family Salon berlokasi di Jl. Boulevard Raya Fanta Wiski no.12A Kelapa Gading, Jakarta Utara. Alasan pemilihan lokasi ini karena Boulevard Raya Kelapa Gading merupakan pusat bisnis yang memiliki target market keluarga dan lokasi ini merupakan kawasan yang dikelilingi oleh perumahan, sehingga lokasi ini sangat cocok untuk Crème de la Crème Beauty and Family Salon yang juga memiliki target market keluarga. Selain itu, Boulevard Raya Kelapa Gading merupakan tempat strategis karena digunakan sebagai jalan menuju Mall Kelapa Gading, sehingga dapat dilihat oleh para konsumen yang menuju Mall Kelapa Gading. Visi dari Crème de la Crème Beauty and Family Salon adalah sebagai one stop family fun for beauty dengan mengedepankan mutu pelayanan untuk kepuasan pelanggan. Untuk mewujudkan visi tersebut maka Crème de la Crème Beauty and Family Salon akan selalu berkomitmen kuat dalam menjaga iii kualitas produk dan jasa pelayanan demi memberikan kenyamanan maksimal kepada seluruh pelanggan. Pada kawasan Kelapa Gading sudah banyak terdapat salon kecantikan dengan kompetitor utama Peter F. Saerang, Rudy Hadisuwarno dan KiddyCuts. Keunggulan Crème de la Crème Beauty and Family Salon dibandingkan dengan para pesaingnya adalah dengan adanya fasilitas pendukung yaitu berupa kafe dan mini playground khusus untuk anak balita yang dapat digunakan sebagai ruang tunggu, sehingga anak-anak dapat bebas bermain sementara menunggu orang tuanya yang sedang mendapat perawatan. Orang tua juga dapat bersantap di kafe sementara anak balitanya mendapat perawatan kecantikan. Target segmen pasar Crème de la Crème Beauty and Family Salon adalah pasangan muda berusia 20 tahun – 30 tahun yang memiliki anak balita berusia 5 bulan – 5 tahun, berdomisili di kawasan Kelapa Gading maupun sekitar kawasan Jakarta Utara dan Jakarta Timur. Berdasarkan kelas ekonomi ditargetkan pada kelas menengah bagian atas sampai dengan kelas atas bagian atas dengan pendapatan di atas Rp 4.000.000/bulan. Berdasarkan segmentasi psikografis, pasar Crème de la Crème Beauty and Family Salon dikelompokan menurut gaya hidup modern, karena dengan gaya hidup modern umumnya konsumen akan terus mengikuti tren yang sedang berkembang saat ini. Harga yang ditawarkan Crème de la Crème Beauty and Family Salon sudah disesuaikan dengan target pasar yaitu kelas menengah ke atas. Hal tersebut dikarenakan Crème de la Crème Beauty and Family Salon menawarkan jasa dan produk kecantikan yang baik serta adanya fasilitas pendukung yang iv membuat para konsumen perlu mengeluarkan biaya tambahan. Perawatan kecantikan untuk orang tua harga berkisar antara Rp 35.000,00 sampai Rp 530.000,00. Untuk perawatan kecantikan anak harga berkisar antara Rp 35.000,00 sampai Rp 100.000,00. Sedangkan untuk fasilitas kafe harga berkisar antara Rp 3.000,00 sampai Rp 30.000,00. Harga sudah termasuk bila konsumen menggunakan fasilitas mini playground. Crème de la Crème Beauty and Family Salon melakukan beberapa strategi promosi agar dikenal oleh masyarkat luas. Strategi yang digunakan Crème de la Crème Beauty and Family Salon adalah iklan media cetak, brosur, word of mouth, internet, dan member card. Dengan adanya promosi ini maka diharapkan Crème de la Crème Beauty and Family Salon dapat dikenal luas oleh masyarakat dan pelanggan yang puas dapat dengan rela hati akan mempromosikan usaha salon ini kepada para kerabatnya. Waktu operasional Crème de la Crème Beauty and Family Salon dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 20.00 pada hari Senin hingga hari Jumat, sedangkan untuk hari Sabtu dan hari Minggu dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 21.00. Pada kegiatan operasional awal Crème de la Crème Beauty and Family Salon akan menggunakan 13 orang pegawai yang terdiri dari 1 orang kasir (owner), 1 orang hair stylist, 4 orang pegawai salon, 1 orang pegawai kafe, 2 orang pengasuh anak, dan 1 orang cleaning service. Rencana inovasi yang dilakukan Crème de la Crème Beauty and Family Salon adalah memberikan fasilitas tambahan yaitu berupa ruang v membaca khusus bagi anak-anak berusia 6 sampai dengan 15 tahun, perluasan bisnis dengan cara pembukaan cabang di lokasi sekitar Jakarta dan di luar Jakarta, serta pembuatan tempat pelatihan. Setiap perencanaan Crème de la Crème Beauty and Family Salon didukung dengan rencana keuangan, yang diketahui break even point (BEP) akan dicapai dalam waktu 7 sampai 8 bulan dengan profit margin sebesar 64% dan tingkat Return of Investment (ROI) sebesar 13%. Secara keseluruhan bisnis Crème de la Crème Beauty and Family Salon merupakan bisnis yang layak untuk dijalankan karena peluang usaha yang masih sangat luas dan terbuka lebar, selain itu bisnis ini dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar dengan jangka waktu yang cukup singkat. |