Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui memahami persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan, memahami tingkat loyalitas pelanggan, dan pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan DHL. Dalam penelitian ini variabel yang diteliti adalah kualitas pelayanan yang merupakan variabel independen dan dinotasikan sebagai X serta loyalitas pelanggan yang merupakan variabel dependen dan dinotasikan sebagai Y. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan skala Likert 5 tingkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan DHL, sementara sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang pelanggan DHL. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Perangkat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis nilai rata-rata (mean score) yang terdiri dari analisis nilai rata-rata (mean score) dan nilai rata-rata keseluruhan (overall mean score) serta analisis regresi linier sederhana, yang terdiri dari analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan adalah kualitas pelayanan yang dilaksanakan oleh DHL dinilai bagus, loyalitas pelanggan DHL dikategorikan loyal dan terdapat pengaruh yang signifikan dari kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan DHL. |