Pesatnya pertumbuhan bidang teknologi informasi telah mendukung berkembangnya konsumen menjadi pembeli yang cerdas (smart buyer). Peran standardisasi produk menjadi sangat diandalkan oleh perusahaan untuk meyakinkan konsumen akan kualitas produk mereka. Kebutuhan ini dipenuhi oleh International Organization for Standardization (ISO). Melihat pentingnya kualitas produk, penulis menekankan skripsi ini pada audit ketaatan, apakah manajemen produksi PT Hyundai Indonesia Motor telah menerapkan sistem manajemen kualitas sesuai persyaratan ISO 9001:2008. Dalam pelaksanaan audit ini, penulis melakukan observasi langsung proses produksi PT Hyundai Indonesia Motor, melakukan wawancara serta melakukan pengumpulan dan pemeriksaan bukti audit berdasarkan daftar pertanyaan ISO 9001:2008 Self Assessment Checklist, menganalisis bukti audit yang telah dikumpulkan serta membuat laporan audit ketaatan. Berdasarkan audit, penulis mengambil simpulan bahwa pelaksanaan sistem manajemen kualitas pada manajemen produksi PT Hyundai Indonesia Motor telah mematuhi persyaratan ISO 9001:2008, namun masih terdapat beberapa kekurangan yang dapat diperbaiki agar efektivitas sistem manajemen kualitas perusahaan dapat ditingkatkan lagi. Atas temuan tersebut, penulis memberikan beberapa rekomendasi yang dapat diterapkan perusahaan yang bermanfaat bagi perusahaan di masa depan. |