| Pesatnya pertumbuhan bidang teknologi informasi telah mendukung berkembangnya konsumen menjadi pembeli yang cerdas (smart buyer). Peran
 standardisasi produk menjadi sangat diandalkan oleh perusahaan untuk
 meyakinkan konsumen akan kualitas produk mereka. Kebutuhan ini dipenuhi oleh
 International Organization for Standardization (ISO). Melihat pentingnya kualitas
 produk, penulis menekankan skripsi ini pada audit ketaatan, apakah manajemen
 produksi PT Hyundai Indonesia Motor telah menerapkan sistem manajemen
 kualitas sesuai persyaratan ISO 9001:2008.
 Dalam pelaksanaan audit ini, penulis melakukan observasi langsung proses
 produksi PT Hyundai Indonesia Motor, melakukan wawancara serta melakukan
 pengumpulan dan pemeriksaan bukti audit berdasarkan daftar pertanyaan ISO
 9001:2008 Self Assessment Checklist, menganalisis bukti audit yang telah
 dikumpulkan serta membuat laporan audit ketaatan.
 Berdasarkan audit, penulis mengambil simpulan bahwa pelaksanaan sistem
 manajemen kualitas pada manajemen produksi PT Hyundai Indonesia Motor telah
 mematuhi persyaratan ISO 9001:2008, namun masih terdapat beberapa
 kekurangan yang dapat diperbaiki agar efektivitas sistem manajemen kualitas
 perusahaan dapat ditingkatkan lagi. Atas temuan tersebut, penulis memberikan
 beberapa rekomendasi yang dapat diterapkan perusahaan yang bermanfaat bagi
 perusahaan di masa depan.
 |