Tujuan dilakukannya audit manajemen atas fungsi penjualan dan penagihan piutang pada PT Pakubumi Semesta adalah untuk mengidentifikasi efisiensi dan efektifitas dari fungsi tersebut serta mengevaluasi pelaksanaan pengendalian internnya untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan fungsi tesebut, serta memberikan saran perbaikan. Perusahaan ini bergerak dalam penjualan jasa konstruksi. Dan seperti pada umumnya industri seperti ini, pembayaran atas jasa ini dibagi menjadi beberapa termin pembayaran, sesuai dengan persentase penyelesaian jasa konstruksi di lapangan. Karena tagihan umumnya tidak langsung dibayar oleh pemberi kerja dan sering lewat tanggal jatuh tempo, maka menimbulkan masalah piutang ragu-ragu atau lewat waktu, yang berpotensi macet. Dalam menguji keefektifan pengendalian intern untuk mengantisipasi masalah diatas, penulis melakukan wawancara kepada manajemen dengan menggunakan Internal Control Questionnaire (ICQ) dan melakukan uji pelaksanaan (compliance test). Setelah itu penulis melakukan analisis hasil audit dan menyimpulkan bahwa secara keseluruhan fungsi penjualan dan penagihan tesebut telah cukup efektif dan efisien. Penulis menemukan beberapa kelemahan, seperti perangkapan jabatan, tidak adanya kebijakan mengenai batas waktu dan sanksi atas keterlambatan pembayaran piutang. Oleh karenanya penulis memberikan saran perbaikan dan telah ditanggapi pihak manajemen secara positif. |