Setiap perusahaan berusaha menyusun strategi pemasaran agar dapat menjangkau target pasarnya seefektif mungkin. Rokok Sampoerna A-mild sebagai salah satu lini produk rokok dari PT.H.M.Sampoerna.Tbk merupakan salah satu produk yang memiliki keterbatasan dalam melakukan komunikasi pemasaran. Hal ini dikarenakan tidak semua alat promosi dapat digunakan dalam memasarkan produk rokok. Berbagai batasan media komunikasi dilakukan pemerintah melalui PP 38/2000. Karena pembatasan tersebut maka PT.H.M.Sampoerna.Tbk sebagai produsen berbagai lini rokok, diantaranya rokok Sampoerna A-mild diharuskan mencari strategi baru dalam melakukan komunikasi atau mempromosikan produknya kepada konsumen. Beberapa bentuk promosi utama yang ditujukan kepada konsumen akhir adalah event sponsorship. Salah satu acara berskala nasional yang diadakan Sampoerna adalah A Mild Live Wanted, yaitu ajang pencarian bakat di bidang musik yang memberikan kesempatan kepada band-band dengan talenta besar untuk dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Keunikan event sponsorship yang dilakukan produsen rokok yang merupakan pelopor rokok dengan kadar tar rendah di indonesia ini, tentu dimaksudkan untuk menciptakan dan meningkatkan brand image Sampoerna A-mild. Untuk mempromosikan produknya, maka pesan-pesan yang diinginkan perlu dikomunikasikan kepada target sasaran secara tepat salah satunya dengan mengadakan event sponsorship tersebut.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh event sponsorship terhadap brand image pada salah satu event yang diselenggarakan oleh Sampoerna A Mild dengan studi kasus A-Mild Wanted Regional Bandung 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kausal ( cause effect research ) dengan teknik penelitian kuantitatif. Ukuran sampel yang didapat menggunakan teknik non probabilitas judgement sampling dengan karakteristik responden perokok Sampoerna A-Mild. Penelitian yang dilakukan menghasilkan beberapa kesimpulan yaitu event sponsorship yang dilaksanakan memiliki keberhasilan tujuan acara yang sangat tinggi dengan nilai rata-rata tertinggi pada elemen Compability of the Brand Positioning. Dari hasil analisis korelasi didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan positif antara kedua variabel. Sedangkan dari hasil analisis regresi, event sposnsorship A-Mild Wanted mempunyai pengaruh yang signifikan (71,1%) dan dapat dikatakan sangat berpengaruh terhadap brand image rokok Sampoerna A-Mild |