Adanya kebutuhan manusia akan hiburan supaya terbebas dari rasa jenuh mendatangkan peluang untuk memberikan penawaran produk pemenuh kebutuhan akan hiburan dan menciptakan industri dengan peluang keuntungan yang menjanjikan. Perkembangan dunia dan globalisasi juga memicu semakin beragamnya industri dan produk hiburan, contohnya adalah penyelenggaraan special event pertunjukan musik atau konser sebagai bagian dari produk industri musik. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai produksi dan pemasaran special event pertunjukan musik yang berbentuk festival dan berskala internasional. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, sehingga hasil penelitian akan disajikan dalam bentuk deskripsi dan pemaparan dengan kata-kata, bukan dalam bentuk angka statistik. Sebagai hasil penelitian, akan disajikan gambaran mengenai bagaimana proses produksi dan pemasaran special event Jakarta International Blues Festival (JBF) yang diselenggarakan oleh Indonesia Blues Association. Karena Special event memiliki karakteristik- karakteristik khusus yang menjadikannya produk jasa, diharapkan melalui penggunaan analisa terhadap marketing mix produk jasa dapat memberikan gambaran yang mendalam mengenai produksi dan penyelenggaraan special event yang diteliti. Selain itu, juga akan diberikan penjelasan mengenai bentuk aktivitas bisnis internasional pada penyelenggaraan special event JBF, kategori special event dari JBF, dan juga hal-hal menarik lainnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan special event yang berbentuk festival musik internasional. |