Dalam era globalisasi saat ini tentunya perusahaan-perusahaan menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, dinamis, dan tidak pasti. Salah satu cara perusahaan untuk bersaing adalah dengan menggunakan strategi pemasaran yang lebih unggul dari pesaing-pesaingnya. Untuk mencapai hal tersebut, penyampaian informasi kepada konsumen harus tepat dan informatif. Salah satu bentuk penyampaian informasi kepada konsumen adalah melalui iklan. Iklan merupakan salah satu bagian dari bauran promosi. Maraknya pilihan periklanan tentang produk membuat perusahaan saling bersaing untuk menghasilkan iklan yang melekat di benak konsumen. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memakai publik figur seperti model, aktor, aktris maupun atlet terkenal untuk mendukung suatu produk. Saat ini semakin banyak perusahaan yang membuat iklan dengan memakai publik figur sebagai celebrity endorsements untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan. Salah satunya adalah iklan pembalut wanita Laurier Relax Night yang menggunakan Julie Estelle sebagai celebrity endorsements produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan publik figur sebagai celebrity endorsements terhadap minat beli dan mengetahui subatribut apa saja dari TEARS Model mengenai celebrity endorsers yang paling banyak dipilih oleh konsumen. Variabel utama dari penelitian ini adalah minat beli sebagai variabel terikat (dependent variabel) dan celebrity endorsements sebagai variabel bebas (independent variabel). Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Adapun teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 110 orang responden yang merupakan mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2008-2011. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment, analisis regresi linier berganda, dan analisis faktor. Dalam penelitian ini telah terjadi multicollinearity untuk uji regresi dari tiap subatribut TEARS Model sehingga dilakukan analisis faktor terhadap tiap subatribut tersebut. Hasil yang diperoleh untuk analisis faktor, kelima subatribut terbagi ke dalam dua faktor yaitu faktor internalisasi dan faktor identifikasi. Hasil akhir yang diperoleh adalah celebrity endorsements memberikan pengaruh terhadap minat beli sebesar 21,1% dengan faktor internalisasi yang terdiri dari trustworthiness, expertise, attractiveness lebih memberi memberi pengaruh dibandingkan faktor identifikasi yang terdiri dari respect dan similarity. |