Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Target Costing dapat membantu PT Dua Esa Unggul untuk melakukan manajemen biaya sehingga perusahaan dapat meningkatkan laba sehingga laba menjadi optimal. Hal ini perlu dilakukan karena banyaknya pesaing dalam industri sejenis, terutama produk-produk murah yang berasal dari negeri Cina. Perusahaan perlu melakukan Target Costing untuk melakukan manajemen biaya-biaya yang terjadi di Perusahaan Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan satu contoh tipe article (istilah dalam industri garmen) yaitu article NVCJ 47 yang berupa jaket dengan bahan katun. Penulis juga menggunakan data biaya Perusahaan periode Juli 2009. Berdasarkan hasil penelitian penulis diketahui bahwa harga jual jaket yang sejenis yang dapat diterima oleh pasar adalah sebesar Rp90.000,00 per potong. Laba perusahaan sebelumnya adalaha Rp20.929,36 per potongnya. Setelah Perusahaan melakukan Target Costing dan melakukan value engineering pada biaya-biaya yang ada, laba Perusahaan meningkat menjadi Rp 22.525,00 atau peningkatan sebesar 25,03% tiap potongnya. |