Anda belum login :: 21 Apr 2025 09:08 WIB
Detail
BukuAnalisis Semiotika Dan Persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Dan Ilmu Komunikasi Angkatan 2009 Dan 2010 Unika Atmajaya Terhadap Poster Film Horor Indonesia (Studi Kasus Pada Film Mirror Produksi: Sinemaart Pictures)
Bibliografi
Author: MANANGKA, DAVID TOAR ; Widiasari, Natalia (Advisor)
Topik: Poster Film; Semiotika Komunikasi; Komunikasi Visual
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: David Toar Manangka's Undergraduate Theses.pdf (505.45KB; 384 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1724
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Film Mirror adalah film yang berjeniskan horor dan diproduksi oleh Sinemart Pictures. Film Mirror dirilis pada tahun 2005, disutradarai oleh Hanny R. Saputra dan dibintangi oleh Nirina Zubir. Dalam dunia perfilman, untuk menyukseskan sebuah film diperlukan suatu strategi yang tepat agar pesan yang disampaikan dari film tersebut bisa tersalurkan dengan baik. Pemasaran yang dilakukan banyak hal, akan tetapi dalam film selalu tidak lepas dari foto iklan atau poster film. Poster merupakan penggabungan proses kreasi iklan dan salah satu bentuk media luar ruang. Pemilihan poster karena adanya bentuk dari penggabungan desain gambar dan warna yang dimaksudkan untuk membuat penonton utama melihat dan tertarik dengan poster tersebut. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna terkandung dari arti poster menggunakan analisis semiotika, mengetahui pesan yang disampaikan oleh produsen film melalui desain poster dengan menggunakan metode/teori komunikasi visual serta persepsi penonton utama terhadap poster film Mirror. Penggunaan teori untuk penelitian ini, menggunakan teori poster film, semiotika komunikasi dan komunikasi visual. Ketiga teori utama tersebut menjadi hal utama dalam pembuatan desain. Pendukung dari teori tersebut disebutkan antara lain media dalam ruang dan media luar ruang serta teori dari iklan itu sendiri.
Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Kualitatif digunakan untuk menjelaskan hasil penelitian secara terinci dan kuantitatif digunakan untuk memperinci hasil kuesioner yang dilakukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini mendapatkan data yang valid dan sesuai. Berdasarkan data yang diperoleh dan interpretasi diperoleh hasil bahwa poster film yang dikreasikan/dikembangkan berdasarkan pemahaman umum terkait bagaimana nuansa horror dibentuk. Di mana penonton juga mempersepsikan gambar, warna dan simbol pada poster tersebut sebagaimana tujuan awal pemilihan gambar, warna dan simbol. Ketidaksesuaian hanya pada pemahaman makna, terdapat sedikit ketidakpahaman arti dari makna yang diungkapkan pada poster film Mirror. Namun secara garis besar desain poster film Mirror dapat dipersepsikan oleh penonton dan pesan yang disampaikan dalam poster film Mirror dapat dipelajari dan diingat dengan mudah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)